Minggu, 28 November 2010

Beberapa Pitfall Manajemen yang Harus Diwaspadai

Pada dasarnya Rumah Sakit (RS) adalah suatu organisasi pelayanan kesehatan yang mempunyai misi sosial melayani orang sakit tanpa membedakan status sosial-ekonominya. Namun, kini RS juga bermisi bisnis karena bersifat multiusaha, baik medis, penunjang maupun nonmedis, serta sebagai tempat bernaung berbagai tenaga profesional medis, paramedis, dan nonmedis yang bekerja untuk mencari nafkah.
Menggabungkan kedua misi menjadi misi sosio-ekonomi jelas membutuhkan entrepreneurialship (semangat wirausaha) serta strategi pengelolaan RS yang profesional dan mengandung nilai ekonomi tanpa mengabaikan nilai sosial.
Sementara itu, memang tidak mudah mengelola sebuah RS, suatu organisasi pelayanan serba padat, yaitu padat usaha, padat modal, padat kecanggihan ilmu-teknologi, padat SDM dan profesi karena akan berhadapan dengan dampak internal multiusaha RS, yaitu padat masalah. Fenomena internal tersebut masih diperberat oleh masalah regional dan global, yakni perubahan yang sangat cepat, tantangan persaingan-bebas, tuntutan strategi berbasis kinerja, serta lahirnya paradigma organisasi, dan kepemimpinan masa depan.
Mengelola sebuah RS saja tidaklah mudah, apalagi sekaligus harus menghadapi dan mengantisipasi perubahan global yang sudah mulai terasa dampaknya. Dengan demikian, harus diwaspadai akan adanya pitfall (suatu kejadian yang lazim tidak disangka—karena dianggap remeh, terlupakan, atau ketidaktahuan—yang berpotensi menjadi masalah) oleh para pemilik dan pengelola RS agar RS-nya Besar dan Bertahan terhadap berbagai Krisis (Being a Great and Sustainable Hospital).

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker 
Bookmark and Share



Tidak ada komentar:

Posting Komentar