Jumat, 12 November 2010

Bookmark and Share

Yah benar sekali, kerasnya roda kehidupan membuat keras pula persaingan dunia kerja. Kreatif dalam dunia kerja adalah salah satu syarat utama agar kita dapat sukses dalam dunia karir yang kita tekuni. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki sifat kreatif dengan baik, bahkan terkadang pada sebagian orang sifat tersebut tenggelam karena tidak diasah dengan baik.

Bagi kita yang terjun dalan industri bisnis kreatif, tentunya kekreatifan adalah modal mutlak dan penting harus dimiliki agar dapat mampu bertahan (survive). Ada pula beberapa pihak beranggapan dengan memiliki sifat tersebut dan menerapkannya dengan benar, hambatan dalam persaingan bisnis dapat dilewati dengan benar. Masalah hambatan yang sering menjadi bahasa klise dalam bisnis seperti masalah modal, management dan lain-lain.
Mungkin sudah menjadi hal yang wajar jika kita mengetahui bahwa diri kita bukan individu yang kreatif, karena pada dasarnya tidak semua orang terlahir dengan kemampuan tingkat kreatif yang sama. Nah, oleh karena bagi kita yang merasakan kurang akan hal ini, harus berupaya untuk merangsang dan memacu sifat kreativitas agar dapat akrab dengan diri kita dengan baik.
Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk dapat mengasah sifat kreativitas yang ada dalam diri kita agar sukses di karir:
  1. Hal pertama yang harus kita tekankan pada diri kita adalah harus optimis dan percaya diri bahwa dalam diri kita ada sifat kreatif yang potensial untuk terus dikembangkan! Kita harus yakin bahwa mampu menciptakan gagasan dan ide yang cemerlang dan kreatif!
  2. Terkadang kita kesulitan dalam menghadapi suatu persoalan, dan malah pada keadaan ini akan membuat diri kita panik dan stress. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengatasi hal ini dapat dimulai dengan coretan jadwal daftar ide. Untuk mencari titik awal dalam mencapai tujuan ketika sedang menghadapi masalah, dapat dilakukan dengan memulai menulis secara lengkap dan detail masalah yang menjadi batu sandungan tersebut!
  3. Jangan meremehkan dari catatan atau tulisan, karena ibarat pribahas sebuah pensil yang tumpul dapat mengalahkan otak yang cerdas. Mulai lah menulis untuk menemukan gagasan-gagasan baru yang dapat memecahkan persoalan yang sedang di hadapi! Apapun yang terlintas dalam pikiran baik itu gagasan yang tidak masuk akal sebaiknya juga ditulis dalam sebuah kertas yang telah disiapkan sebelumnya.
  4. Setalah kita merasa cukup menulis gagasan-gagasan ide kreatif dalam pikiran kita, kemudian lakukan analisis yang mana perlu dipilah dan dipertahankan dan yang mana yang harus di buang. Usahakan temukan sekurang-kurangnya 5 daftar ide gagasan yang menurut kita paling terbaik.
  5. Tulisan diatas kertas adalah teori semata jika tidak dipraktekkan. Nah, kita harus berani mengnalisis kembali dari ke 5 daftar tersebut, tanyakan pada diri sendiri, dari kelima daftar tersebut jika di-implementasikan maka yang mana yang terbaik peluangnya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi? Apakah ide solusi kreatif tersebut jika direalisasikan akan menguntungkan atau sebaliknya!
  6. Ingat anggap dalam mengasah sifat kreatif adalah sebuah proses yang tidak dapat dikerjakan secara instant. Praktek… praktek… praktek… sangat diperlukan untuk mengetahui apakan ide-ide kreatif tersebut dapat berjalan dengan memuaskan atau sebaliknya. Jika ternyata gagal, jangan takut, yang terpenting kita telah melakukan perencanaan yang benar. Dan sekali lagi ini adalah proses untuk menemukan sifat kreativitas tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar