Minggu, 14 November 2010

Lowongan Kerja dari Batok Kelapa

Seperti kebyanyak dibilang oleh orang bijak, jika kita ada kemauan maka disana akan ada jalan keluarnya. Mungkin saat membaca artikel ini Anda sedang mengalami susahnya mencari lowongan kerja yang cocok dengan Anda. Jika memang memiliki tekat dan keinginan yang kuat, kenapa untuk tidak mencoba membuka lowongan kerja sendiri, kenapa tidak mencoba usaha dengan memanfaatkan batok kelapa untuk dijadikan bisnis utama kita, karena selain inovatif, pemanfaatkan dengan mengambil peluang usaha dan bisnis dari batok kelapa sangat menjanjikan bahkan dapat beromset milyaran.
Di pasar tradisional kita dapat dengan mudah menjumpai bahan baku batok kelapa dengan mudah, bahkan sebagian orang malah menyia-nyiakannya alias membuangnya dan memprilakukannya bagaikan sampah yang tidak ada gunanya. Lalu apa yang dimaksud dengan lowongan kerja kualitas dan daya dari batok kelapa? Seperti yang kita ketahui sendiri batok kelapa dapat digunakan sebagai bahan baku dari pembuatan arang dan produk arang merupakan produk setengah jadi yang bisa dikembangkan lagi untuk menambahan beli produk itu sendiri.
Arang yang diproduksi dari tempurung kelapa dapat dijadikan komunitas unggulan dan dapat menjadi produk unggulan untuk diekspor. Coconut shell briquette charcoal adalah nama lain dari produk arang yang diproduksi dari kelapa. Karena produknya berupa arang maka untuk pengolahannya dilakukan dengan cara pembakaran. Bahan mentah temperung kelapa dimasukkan di suatu wadah atau drum, kemudian dilakukan pembakaran.
Salah satu perusahaan yang jeli melihat peluang kerja ini adalah PT CGI atau PT General Carbon Industry. Perusahaan ini beroperasi dan berlokasi di Batam, Riau. Perusahaan ini mengaku kesulitan untuk mendapatkan bahan baku jika hanya mengandalkan potensi lokal atau daerah. Oleh karena itu sering kali bahan baku juga di pasok dari luar Batam seperti Kepulauan Riau dan Provinsi Riau. Sebagai data acuan, perusahaan ini memproduksi bahan baku arang tempurung kelapa berkisar antara tiga raus sampai empat ratus ton dengan bahan baku temperung kelapa mentah berkisar 1200 ton. Atau dengan kata lain untuk memproduksi 1 kilogram arang dari tempurung kelapa maka dibutuhkan bahan baku tempurung kelapa sebesar 4 kilogram bahan baku batok kelapa mentah.
Setelah menjadi bahan baku arang, maka masih diperukan beberapa proses lagi untuk memenuhi standar kualitas untuk diekspor ke mancanegara. Diatara proses yang harus dilakukan adalah dengan cara melakukan pencetakan ke dalam bentuk tertentu sesuai dengan bisnis mitra yang telah disepakati, seperti misalnya produk arang perlu ditambahkan dengan campuran kimia dimana fungsinya agar arang dapat menyala tanpa harus memakai bahan bakar seperti minyak tanah. Selain itu juga diperlukan monitor terhadap kualias arang yang dihasilkan agar memenuhi standar internasional seperti berapa lama arang akan menyala ketika digunakan dan lain-lain. Kemudian setelah dicetak, perlu dilakukan pemanasan ulang agar benar-benar terproduksi arang dari tempurung kelapa dengan kualitas yang bagus dan inovatif. Secara keseluruhan PT CGI dalam waktu sebulan dapat memproduksi rata-rata 300 ton tempurung kelapa yang inovatif.
Nilai ekspor dari perusahaan PT GCI dapat mencapai milyaran, seperti dikutip dari Kompas, omset pertahunnya dapat mencapai hingga belasan milyar rupiah atau sekitar Rp 9,5 hingga Rp 10,8 milyar untuk nilai ekspor pertahunnya. Adapun negara-negara yang menjadi tujuan ekspor adalah kebanyakan adalah negara-negara dikawasan Benua Eropa dan Asia seperti Denmark, Jerman, Perancis, Belanda, Swedia, Inggris, Belgia,  Austria, Korea Selatan, Jepang, Negara-negara di Timur Tengah dan masih banyak lagi.
Banyak hal yang dapat dimanfaatkan dari arang dari batok kelapa. Bahan ini adalah ramah lingkungan sehingga jauh dari kesan merusak lingkungan. Hal ini menjadi faktor utama kenapa arang dari batok kelapa lebih mudah memasuki pasar Eropa. Arang dari batok kelapa jauh lebih unggul dari arang dari bahan baku lainnya seperti dari tanaman bakau sehingga bisa sejalan dengan isu globang warming yang saat ini sedang gencar dan menjadi isu krusial di dunia. Arang dari batok kelapa juga sering digunakan untuk merokok ala timur tengah yaitu shisa. Selain itu juga sering digunakan restoran-restoran komersil di Korea Selatan dan Jepang untuk memasak dengan cara tradisonal.

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar