Minggu, 07 November 2010

Mencari kerja di singapura

Kerja di Singapura adalah alternatif yang menjanjikan jika Anda menganggap bahwa mencari pekerjaan di negara sendiri begitu susah. Terlebih, jika Anda seorang ahli. Singapura adalah negara yang membuka diri bagi keahlian seseorang.
Meskipun ukuran negara Singapura tidak lebih besar dari Pulau Batam, taraf hidup yang dijanjikannya sangatlah menarik. Oleh sebab itulah, saat ini, kebanyakan orang memimpikan kerja di Singapura.
Mendapatkan kerja di Singapura sebenarnya tidaklah sulit, namun tidak terlalu mudah juga. Anda hanya harus mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mencari kerja di Singapura.
Tips Berburu Kerja di Singapura

Ada beberapa cara yang bisa Anda pertimbangkan untuk kerja di Singapura.
  1. Kuliah di Singapura. Biasanya, setelah lulus dari sebuah perguruan tinggi, pemerintah Singapura akan menawarkan LPR (Landed Permanent Resident) dengan jangka waktu satu tahun. Nah, dengan LPR tersebut, Anda akan diberi waktu untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura. Setelah Anda mendapatkan pekerjaan, LPR bisa diajukan menjadi SPR (Singapore Permanent Resident).
  2. Mencari dengan upaya sendiri. Anda bisa meng-apply pekerjaan-pekerjaan melalui internet. Banyak fasilitas online yang disediakan bagi masyarakat untuk meng-apply pekerjaan di Singapura, seperti JobsDB Singapore, JobStreeet Singapore, ST701, Monster Singapura, dan lain-lain. Anda sebaiknya memperhatikan kriteria penawaran employer. Jika penawaran tersebut berlaku bagi foreigner, peluang Anda untuk dipanggil lebih besar. Usahakan memersiapkan visa kerja, perijinan, dan lain-lain. Meskipun beberapa interview dilakukan jarak jauh, beberapa penyedia kerja di Singapura lebih menyukai interview face to face. Kelemahannya, jika Anda tidak benar-benar seorang ahli, peluang Anda diterima lebih kecil dibanding pemegang LPR atau SPR.
  3. Berusaha mencari LPR (Land Permanent Residance). Jika memiliki LPR, peluang Anda bisa kerja di Singapura lebih besar karena biasanya penyedia kerja akan melihat kemampuan Anda daripada status Anda sebagai foreigner. Hal ini disebabkan kebijakan pemerintah Singapura untuk mengutamakan warganya dalam mendapatkan pekerjaan. Untuk mendapatkan LPR, Anda bisa mencari beberapa agen di Indonesia yang bisa membantu keperluan Anda, seperti OCSC, EduLink, dan Vita Services Agency. Mengenai persyaratan dan biaya, agen akan segera membimbing Anda. Keuntungannya, jika apply LPR Anda tidak diterima, akan ada refund yang besarnya bergantung pada masing-masing agen.
Yang Harus Dilakukan
Apa yang harus Anda lakukan dalam mencari kerja di Singapura?
Pertama, Anda harus mencari lowongan pekerjaan. Anda bisa mencarinya di internet. Jika Anda pemegang LPR, Anda bisa segera memasukkan langsung lamaran tersebut ke perusahaan yang dimaksud. Jika Anda berada di luar Singapura, Anda bisa memasukkan berkas secara online.
Kedua, Anda harus memahami permintaan wawancara di Singapura. Apabila wawancara menghendaki face to face, Anda yang memasukkan lamaran dari luar Singapura harus memenuhi panggil tersebut.
Nah, cobalah untuk melakukan negoisasi dengan perusahaan tersebut agar perusahaan bersedia membiayai semua aktivitas Anda selama seleksi, termasuk biaya transportasi.
Jika cara ini tidak bisa ditempuh, Anda harus merogoh kocek pribadi. Anda bisa menghemat biaya trasportasi melalui lintas transportasi di Batam.
Ketiga, izin kerja Anda harus jelas. Jangan sampai Anda menjadi pekerja ilegal. Beberapa perusahaan bonafit di Singapura biasanya akan menyiapkan dokumen Anda. Perusahaan hanya menginginkan Anda mampu berkonsentrasi pada pekerjaan dan memberikan hasil terbaik bagi perusahaan.

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar