Selasa, 09 November 2010

Saatnya Cari Lowongan Kerja Baru

Dalam meniti karir dengan hasil cemerlang salah satu syarat untuk mendorong mewujudkan hal itu adalah dengan cara menicati dengan jenis bidang pekerjaan yang ditekuni untuk saat ini. Namun terkadang hal itu sulit dilakukan. Hal itu terkadang sering terjadi dalam potret dunia nyata maka tak heran jika sebagian besar pekerja mengatakan bahwa sudah menjadi hal yang wajar jika kenyataaanya banyak karyawan atau pekerja melakukan aktivitas kerja setiap hari karena adanya unsur paksaan.
Memang karena adanya tekanan ekonomi yang begitu kuat maka tak jarang banyak orang yang menjerumuskan dirinya untuk malakoni gawean atau pekerjaan yang sebenarnya sangat tidak diinginkan. Teknan eknonomi disini lebih disebabkan karena kecenderungan susahnya untuk mendapatkan lowongan kerja ditengah jumlah lowongan yang semakin mengkerut dan dibandingkan dengan tenaga kerja yang sedang giat-giatnya cari kerja.
Kemudian memang sangat berat bagi seseorang untuk meninggalkan pekerjaan yang saat ini ditekuni walaupun sejujurnya pekerjaan tersebut tidak disukai. Terkadang terbesit dan terlintas pikiran lebih baik menjadi pekerja wiraswasta daripada kerja kantoran atau kerja dengan perusahaan tapi dibawah tekanan dimana tekanan tersebut lebih disebabkan karena kita tidak menyukai pekerjaan tersebut. Keadaan biasanya makin tambah rumit dan sulit tak kala jika kita sudah berkeluarga dan memiliki tanggung jawab untuk memberikan nafkah ke keluarga tentunya banyak sekali pertimbangan yang harus dianalisis dan dianalisa agar tidak membuat keputusan yang salah. Mungkin beberapa hal berikut ini dapat membantu kita melakukan analisis tentang bagaimana langkah kedepannya untuk mendapatkan karir yang sukses atau pada akhirnya harus berhenti bekerja dari kantor lama karena sudah sama sekali tidak cocok dan sudah saatnya mencari lowongan kerja baru yang kita sukai.
***Tidak terjadi kerjasama yang bagus dengan atasan
Boleh dikatakan seperti artis yang sering menjadikan media radio sebagai batu loncatan untuk terjun ke dunia televise maka begitu juga dengan peran atasan dimana juga sangat menentukan untuk perkembangan karir kita kedepannya. Jika kita sering berdebat dengan atasan karena perselisihan pendapat atau kita sering membantah atasan dan sering juga tidak dapat melakukan tugas dengan baik maka tentu kemunginan besar sangat wajar jika bos kita akan tidak menyukai dengan kualitas produktivitas kerja kita. Namun jika kita sudah melakukan setiap pekerjaan dan tugas kantor dengan baik, sering memberikan ide-ide brilliant dan cemerlang demi kemanjuan perusahaan, mampu bekerja dengan baik sebagai tim tetapi atasan tetap tidak suka dengan kualitas produktivitas kerja kita, maka hal ini perlu dipertanyakan dan sangat dianjurkan untuk berhenti kerja dan mencari lowongan pekerjaan yang baru.
Jika hubungan tidak baik tersebut lebih karena disebabkan hanya karena miss-komunikasi terutama terdapat perbedaan sudut pandang pendapat maka hal ini masih bisa diselesaikan dengan cara-cara yang baik. Namun terkadang ada beberapa atasan yang memperlakukan karyawan atau bawahannya dengan sangat tidak bisa ditolelir seperti sering memberikan padangan pendapat yang subjektf dan tidak onjektif dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan, sering merendahkan pekerja dihadapan karywan lainnya, tidak mau memberikan arahan namun malah sering marah-marah melulu, bahkan terkadang yang paling parah mungkin pernah memfitnah kita sehingga dapat menyebabkan karir kita jatuh maka untuk hal-hal yang tidak bisa ditolelir ini maka sebaiknya jangan ragu untuk mengambil keputusan berhenti dan sesegera mungkin mencari kerja di tempat lain yang lebih baik bagi perkembangan karir kita!
***Terjadinya kesulitan keuangan perusahaan
Terkadang sering kita mendengar bahwa perusahaan sedang mengalami kesulitan keuangan dan terancam bangkrut. Padahal mungkin kita sudah mendapat pekerjaan yang kita idam-idamkan dengan gaji yang memuaskan. Ditengah situasi dengan ancaman pemutusan hubungan kerja sebisa mungkin tetap hadapi da selesaikan dengan kepala dingin, karena bisa jadi hal itu hanya rumor atau gossip yang belum tentu benar dan diragukan validasi kebenaran dari berita miring tersebut. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu tentang kebenaran berita tersebut dan tetap tenang dan juga tetap fokus dalam mengerjakan tugas karena kemungkinan jika berita itu benar maka dengan konsisten kita terus bekerja dengan baik kemungkinan besar kita akan lolos dari PHK karena masih memiliki produktivitas kerja dengan baik dan professional.
***Prospek perkembangan karir sangat tipis dan tidak menjanjikan
Sebenarnya hal ini adalah strategi hal terpenting yang harus dipikirkan dengan baik saat sedang giat-giatnya melakukan pencarian lowongan kerja. Namun terkadang karena kepepet ekonomi atau alasan klisenya yang penting mendapatkan uang gaji dengan pekerjaan yang mapan banyak orang tetap menjalani pekerjaan dengan keadaan sebenarnya tidak memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Sebagai contoh jika kita sudah bekerja bertahun-tahun tapi tetap saja karir dalam kondisi stagnan maka sangat wajar jika kita tidak puas baik dari segi tantangan pekerjaan yang tidak ada atau lebih cenderung membosankan karena terus melakukan jenis pekerjaan yang sama selama beberapa tahun atau pun juga tidak puas juga dari segi penghasilan salary yang didapatkan! Jika demikian keadaanya maka lebih baik dan tidak ada salahnya untuk membicarakannya dengan atasan dengan baik-baik. Cari solusi terbaik seperti kemungkinan untuk pindah devisi yang lebih baik dan lebih menantang untuk kita lebih professional untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Namun jika tidak ada jalan keluarnya maka tidak ada salahnya untuk mulai memikirkan mencari lowongan kerja baru dengan jenjang karir yang lebih baik. Namun yang perlu dipikirkan adalah sebaiknya kita benar-benar telah menemukan pekerjaan baru tersebut sebelum akhirnya berhenti total dari tempat pekerjaan yang lama. Karena hal ini terkait dengan masalah keungangan dimana biasanya seseorang gajian terbiasa menerima uang yang pasti setiap bulannya akan menjadi tidak terbiasa jika dengan tiba-tiba tidak memiliki pemasukan yang tetap!
***Rasa kenyamanan yang tidak ada
Salah satu hal yang membuat kita mencitai pekerjaan kita adalah rasa nyaman dengan lingkungan kerja kita. Namun terkadang persaingan yang ketat dalam dunia kerja membuat berbagai pihak menghalalkan segala cara untuk mencapai target. Tak jarang pula ide kita dicuri oleh rekan kierja kita sendiri. Belum lagi terkadang kita memiliki prinsip yang berbeda dengan prinsip perusahaan, misalnya saja perusahaan menganjurkan dengan berbagai macam cara untuk memperoleh target yang optimal sedangkan diri kita adalah pribadi yang sangat mengutamakan prinsip kejujuran dalam segala hal termasuk di dunia kerja. Oleh karena itu dalam hal ini juga sudah mengindikasikan bahwa kita tidak cocok dengan type pekerjaan yang sekarang dan sudah saatnya memikiran untuk mencari lowongan kerja yang baru di perusahaan lain. Jadikan daftar hal-hal yang kita suka dna tidak suka dari perusahaan lama sebagai referensi acuan untuk mencari lowongan pekerjaan yang lebih baik kedepannya.
Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar