Minggu, 14 November 2010

Strategi Pemasaran di Internet

Sekarang ini kita hidup dan bekerja di dalam dunia yang dipenuhi dengan informasi. Peranan konsumen dan pemilik bisnis sangat ditantang agar tetap
bertahan dalam berbisnis. Karena itu bagaimana agar kita tetap bertahan dalam situasi pasar yang sangat kompetitif, khususnya di Internet?
Terlepas dari masih banyaknya bisnis yang menggunakan metode pemasaran tradisional, ada juga perusahaan yang sudah memiliki situs web yang ramai dikunjungi atau ada juga yang sedikit dikunjungi dan keduanya mendapatkan hasil yang sedikit. Online atau offline kuncinya adalah bukan untuk mengiklankan bisnis yang sedang tren namun seharusnya mengiklankan bisnis sesuai dengan kebutuhan.
Sebaliknya daripada pertanyaan: Mengapa saya harus beli produk atau jasa ini? Harus diganti menjadi “Mengapa saya harus beli produk atau jasa ini dari perusahaan Anda?” Karena sekarang konsumen cenderung memilih perusahaan yang memiliki nilai tambah.
Halnya demikian di Internet. Web memiliki banyak sekali informasi mentah dimana orang tidak lagi memiliki waktu untuk memilahnya. Cara mereka mengambil keputusan dari data informasi tersebut adalah berdasarkan jenis informasi yang langsung atau serta merta mengkonsumsikan manfaat khusus yang memang mereka butuhkan. Halnya demikian di Internet. Web memiliki banyak sekali informasi mentah di mana orang tidak lagi memiliki waktu untuk memilahnya. Cara mereka mengambil keputusan dari data informasi tersebut adalah berdasarkan jenis informasi yang langsung atau serta merta mengkonsumsikan manfaat khusus yang memang mereka butuhkan.
Menarik pengunjung ke situs Anda lebih mudah dibandingkan membuat pengunjung tersebut membeli. Maka bagaimana sebuah perusahaan mengkomunikasikan kepada pengunjung bahwa ini adalah bisnis yang dibutuhkan? Bagaimana ini memberikan jenis Informasi yang membuat orang membeli khususnya dalam dunia yang sangat kompetitif? Jawabanya melalui positioning. Pemasaran menjadi ujung tombak yang mempunyai peranan penting bagi suatu perusahaan atau organisasi baik komersial maupun non profit. Pemasaran telah dilakukan oleh semua perusahaan baik besar maupun kecil.
Semakin berkembang teknologi informasi, maka strategi pemasaran pun mengalami perubahan-perubahan yang cukup dratis. Televisi telah membawa perubahan besar dalam upaya mengiklankan sebuah produk. Kini teknologi informasi yang dipadukan dengan teknologi komputer telah turut mengubah peta strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan. penggabungan teknologi informasi, teknologi komunikasi dan teknologi komputer telah melahirkan teknologi Internet. Teknologi internet ini telah menyadarkan banyak orang tentang adanya media atau sarana baru untuk merancang strategi pemasaran.
Mengapa tidak? Bayangkan bahwa internet telah mampu memberikan kemungkinan orang untuk berpromosi kemungkinan orang untuk berpromosi dan melakukan transaksi langsung (online transaction) bahkan dapat dijadikan saluran distribusi. Promosi dapat dilakukan melalui Internet antara lain dengan pemasangan situs web atau home page di mana perusahaan dapat menyampaikan informasi tentang produk sampai pelayanan yang diberikan. Kemudian perusahaan juga bisa memasang iklan pada situs-situs yang banyak dikunjungi.
Web merupakan sarana promosi di dunia cyberspace atau Internet. Perkembangan Internet dewasa ini begitu pesat. Hingga saat ini pengguna Internet di indonesia hampir 1 juta. Jumlah tersebut semakin lama akan semakin bertambah dengan semakin mengertinya orang akan manfaat Internet baik itu untuk informasi, hiburan maupun untuk tujuan bisnis, yang nantinya akan digunakan dalam menghadapi persaingan ekonomi dalam pasar bebas. Kondisi tersebut merupakan segmentasi baru yang potensinya akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk memperluas pemasaran produknya.
Kesuksesan sebuah web tergantung dari berbagai faktor, yaitu:
*) Desain web
Sebuah web harus kelihatan menarik. Selain itu harus sesuai dengan tujuan Web itu dibangun. Materi yang ada dalam web sebaiknya tidak membingungkan, navigasinya jelas dan prosedurnya tidak berbelit-berbelit. Di samping itu faktor loading juga harus diperhatikan, karena hal ini akan sangat berpengaruh. Jika sebuah web mempunyai waktu loading yang lama, maka bukan mustahil pengguna ataupun pengunjung internet akan meninggalkan web kita. Jelas kondisi semacam ini akan membuat rugi perusahaan yang webnya diakses. Namun sebaliknya, jika proses loading cepat, maka pengunjung akan merasa betah apalagi ditunjang dengan tampilan web yang menarik dan tidak membosankan.
*) Isi
Isi sebuah web juga harus bisa membawa pengunjung bisa menikmatinya. Berikan hal-hal yang membuat pengunjung sedikit pro aktif, misalnya berikan fasilitas forum, survei atau hal lain yang sifatnya menarik pengunjung. Berikan sedikit perhatian dengan sebuah ucapan ataupun mailing list.
*) Promosi online
Promosi online merupakan kunci sebuah web yang akan banyak dikenal dan dikunjung oleh pengguna Internet.
Program pemasaran benar-benar menjadi sangat ekonomis dengan menggunakan internet, namun bisa juga terjadi sebaiknya yaitu menimbulkan biaya yang sangat tinggi apabila tidak denga tepat dan tanpa tujuan yang jelas dalam penggunaan fasilitas tersebut. Namun kemampuan dan manfaat internet untuk mendukung program pemasaran tidak lagi diragukan.
Bob Heyman dan Keith Schaefer mengatakan dalam beberapa hal keuntungan yang bisa diperoleh dari pemanfaatan Internet untuk program pemasaran yang diperlihatkan pada the six online ROI models yaitu sebagai berikut: brand building, direct marketing, online sales, customer support, market research,content publishing/services.
Brand Building

Membangun citra merek di masyarakat membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Kepedulian pelanggan terhadap suatu merek disebabkan oleh pengenalan yang mendalam tentang merek tersebut. Oleh karena itu, banyak perusahaan mengeluarkan dana promosinya untuk memasang iklan di surat kabar, majalah, radio,televisi, atau brosur. Web sangat membantu membangun citra merek dengan biaya yang sangat efisien. Efektivitas web untuk membangun kepedulian pelanggan terhadap merek sudah dibuktikan oleh banyak perusahaan. Bahkan banyak perusahaan besar besar dari Amerika Serikat seperti Federal Express,charles Schwab, Barnes&Nobel, Sears Roebuck, Tower Records, The New York Times, Nike, Levi Strauss, dan Harley-Davidson telah mendemonstrasikan bahwa mereka menjadi pemimpin besar pada abad 21 melalui penggunaan web secara efektif.
Membangun citra merek dengan biaya yang efisien sangat cocok untuk diadopsi oleh usaha kecil menengah. Banyak iklan melalui berbagai media, yang sesungguhnya kurang mengajak pelanggan untuk lebih aktif mengenal merek tersebut. Web dapat menjadi referensi yang baik bagi pelanggan karena tersedia informasi yang gamblang dan baik. Bahkan pelanggan merasa senang karena dapat memperoleh informasi tersebut dalam waktu yang singkat dan tidak harus menunggu brosur yang dikirim dari perusahaan.
Direct Marketing
Web telah mampu mengingkatkan kepedulian pelanggan terhadap merek, namun demikian para marketing masih menginginkan lebih dari itu. Marketing menginginkan pelanggan harus cepat dapat melihat, mengenal dan peduli terhadap produk atau merek yang diperkenalkan oleh perusahaan. Web memberikan kemungkinan untuk melakukan hal tersebut, bahkan pemasar dapat menghemat biaya cetak brosur, katalog atau profil perusahaan dan ongkos kirim kepada pelanggan.
Melalui Web, marketing dapat dengan mudah mendapatkan pengunjung atau kelompok masyarakat yang tertarik pada hal-hal khusus. Marketing dapat memasang iklan web (web advertising) melakukan pencarian ditampilkan banner iklan perusahaan yang memungkinkan pengunjung langsung mengklik (click through) pada banner tersebut. Kemudian pengunjung akan masuk ke situs perusahaan tersebut.
Sekalipun memasang iklan di search engines masih relatif mahal bagi perusahaan kecil menengah namun banyak cara yang serupa dapat dilakukan di berbagai situs-situs yang banyak sikunjungi. Memasang iklan di web masih relatif lebih murah dibandingkan dengan memasang iklan pada media lainnya. Web akan sangat membantu bagi perusahaan yang ingin melakukan direct marketing.

Temukan semuanya di Kerja Lowongan, Loker

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar